Feb 9, 2013

Memelihara ayam kampung petelor itu mudah #banyuwangi

Memelihara ayam kampung petelor semudah perawatannya, dibawah ini langkah-langkah menuju sukses beternak ayam kampung petelor dan anda akan menikmati dalam waktu empat hari dari hari pembelian ayam-ayam tersebut.
1, belilah ayam kampung di kampung anda jenis ayam apa saja yang penting itu ayam pernah bertelor.
2, pilihlah ayam yang badannya kecil dari ras asli kampung, karena kalau ayam nya kecil kemungkinan telor ayamnya akan cenderung berwarna putih, karena kalau besar cenderung ada turunan ayam bangkok/thailand.
3,masukkan ayam kedalam kandang, untuk ukuran kandang 1 ekor ayam perlu tempat dengan luas  50 cm X 50 cm, jadi terserah anda mau memasukkan berapa ayam tergantung keinginan ingin bertelor berapa setiap hari, untuk telor ayam 50 anda perlu memelihara ayam kampung 80 ekor.
4, untuk makanan campuran 5-1-1-1 artinya 5 bekatul separator halus 1 sentrat petelor 1 sentrat pedaging 1 jagung halus giling.(berikanlah makanan ayam dalam keadaan kering, karena kalau basah makanan akan cepat basi dan tidak dimakan oleh ayam anda.
5, beri minuman Egg stimulan atau Turbo stimulan ,ayam dengan takaran  1 sendok makan untuk 5 liter air bersih, gantung di tengah kandang, secara terus-menerus jangan sampai berhenti.

ketebalan sekam dan bekatul 30 cm dari tanah, kegunaan dari sekam dan bekatul untuk menghilangkan bau kotoran ayam disamping untuk kegiatan ayam utuk berkotek-kotek mencari kutu atau gayas sejenis set besar yang akan tercipta di sekam paling dasar lantai tanah. jangan lupa diatas penyekat bambu harus diberi jaring ayam seperti tampak gambar guna mengeluarkan bau kotoran ayam.jika ini anda lakukan maka anda akan memiliki kandang ayam tersehat di banyuwangi.
isilah kandang ayam dengan campran sekam dan bekatul grandong(tukang giling padi keliling)





 batas dari tanah 50 cm, gantung minuman seperti gambar, Jangan lupa buatlah tempat bertelur diatas melekat dengan atap untuk memudahkan mengambil telur-telur yang akan ditetaskan di inkubator penetas.
 seminggu sekali beri rumput dedaunan hijau pada ayam dan juga siramlah kandang anda dengan air bersih supaya tetap lembab menjaga kutu gayas tetap hidup, kalau bisa siram secara merata dengan campuran air Effective Microorganism bisa dibeli di toko pertanian


6, anda akan menikmati telor ayam dalam waktu empat hari setelah pembelian ayam-ayam itu, program memelihara ayam kampung petelor sangat cocok untuk orang-orang tua di kampung.disamping saya muat gambar sederhana kandang + ayam kampung petelor. Mudah bukan ? kalau belum berhasil hubungi saya w.a +6282342165188